MTs NU MIFTAHUL ULUM MARGASARI
#12 Cara Menjadi Guru
yang Baik#
Siapkan
minimal dua penugasan atau strategi saat mengajar, dijamin siswa akan sibuk
sepanjang pelajaran.
Menjadi
guru yang baik saat mengajar bukan soal sifat si guru tersebut tapi soal
kemampuan mengatur irama pembelajaran. Guru yang sifatnya baik pun akan cepat
marah jika muridnya sering berlaku tidak tertib. Salah satu hal yang membuat
siswa tertib adalah kesibukan yang bermakna. Membuat siswa bisa sibuk namun
tetap bermakna memang tantangan semua guru. Ada guru yang senang memberi soal
sulit pada siswanya dengan harapan siswanya sibuk dan waktu mengajar dia tidak
dipusingkan oleh masalah perilaku.
Padahal sebaliknya
hal tadi hanya terjadi pada siswa yang perilakunya memang sudah baik, sementara
anak-anak yang lain akan cepat bosan dan justru membuat ulah karena merasa
gurunya memberi pekerjaan sulit tanpa jalan keluar. Karena pekerjaannya sulit
membuat anak -anak yang memang sudah bermasalah pada perilaku akan timbul lagi
keinginannya untuk membuat keributan dan ujung-ujungnya guru akan merasa gagal
dalam mengajar siswanya di hari itu.
Ada
beberapa cara untuk membuat jam pelajaran anda berlalu tanpa terasa baik kita
sebagai guru maupun siswa sebagai penikmat cara mengajar dan perencanaan
mengajar kita.
- rencanakan
dalam seminggu perencanaan mengajar anda
- selalu
update rencana pengajaran anda setelah dan sebelum mengajar
- tidur
yang cukup setiap hari. Hal ini penting agar suasana hati kita terjaga dan
tidak mudah emosi
- rencanakan
pengajaran anda dalam team, jika tidak mungkin konsultasikan formal dan
informal RPP anda pada rekan sesama guru.
- masuk
kelas lebih awal bisa 3 menit atau 5 menit lebih awal.
- pikirkan
3 strategi atau rencana dalam mengajar, dengan demikian anak yang cepat
selesai tetap punya kegiatan
- saat
mengajar sempatkan memotivasi siswa. memotivasi itu bukan memuji karena
memotivasi anda perlu mendalami karakter anak yang anda ingin motivasi
- tebarkan
senyum pada seisi kelas
- ucapkan
salam dengan semangat saat akan mengajar
- berikan
soal yang menantang dan bukan sekedar sulit
- minta
siswa untuk ajarkan siswa lainnya Ajika ia sudah selesai
- kurangi
gaya ‘one man show’ saat mengajar, kurangi semangat untuk menceramahi
siswa. Biarkan siswa juga berbicara di kelas, berbagi mengenai strateginya
dalam mengerjakan soal yang anda berikan.
No comments:
Post a Comment